Ahli Pemasangan, Instalasi dan Reparasi CCTV

Ahli Pemasangan, Instalasi dan Reparasi CCTV


CCTV sering digunakan untuk pengawasan di daerah-daerah yang mungkin perlu pemantauan seperti bank, kasino, bandara,  instalasi militer, dan toko-toko. CCTV juga sudah umum digunakan untuk industri dan pabrikasi yang memiliki resiko keamanan dan keselamatan pekerja cukup tinggi. CCTV digunakan sebagai pemantau dari jauh, alat monitoring dan pengawasan kegiatan industri/pabrikasi menggantikan pengawasan langsung oleh pekerja manusia dilokasi yang beresiko tinggi atau tidak cocok dan aman untuk manusia. Peralatan CCTV dapat digunakan untuk mengamati bagian-bagian sebuah proses aktivitas dari sebuah ruang pusat kontrol/kendali.

Kita juga perlu menginstalasi perangkat CCTV setelah memasang CCTV, sekarang kita akan membahas tips instalasi. Beikut langkah-langkahnya :
1. Tentukan kabel yang sesuai
Untuk kabel CCTV, Anda dapat menggunakan kabel RG59 yang terdiri dari kabel video dan kabel power (positif dan negatif). Kabel RG59 merupakan kabel standard yang sering digunakan untuk instalasi CCTV.

2. Menentukan Lokasi yang dapat dipantau oleh CCTV
Lokasi pemasangan CCTV bisa Anda tentukan berdasarkan jarak pandang yang hendak dimonitoring (apakah dekat atau jauh) dan apakah untuk keadaan gelap atau terang. Dari situ baru Anda tentukan titik pemasangan kamera CCTV.

3. Pastikan memasang CCTV di bawah atap yang aman dan terlindung
Terutama untuk pemasangan CCTV di rumah, prioritaskan letak posisi kamera CCTV dibawah atap karena bisa melindungi kamera CCTV Anda dari hujan, angin, dan sebagainya. Selain itu, penempatan di bawah atap juga biasanya memberikan tampilan view yang lebih baik dan mudah untuk menarik kabel jaringan.

4. Cari titik untuk mulai menarik kabel dari luar ke dalam
Setelah menentukan titik pemasangan CCTV, berikutnya adalah mencari titik masuk untuk menarik kabel RG59 dari luar ke dalam.

5. Penempatan Monitor dan DVR
Monitor dan DVR adalah alat-alat yang melengkapi sistem CCTV Anda. Jika kamera CCTV biasanya ditempatkan diluar, maka DVR dan monitor digunakan untuk membantu pemantauan dari dalam ruangan. Tentukan tempat dimana monitor dan DVR akan diletakkan.

6. Mulai penarikan kabel
Setelah didapatkan titik kamera CCTV dan lokasi penempatan monitor dan DVR, maka berikutnya adalah menarik kabel RG59 yang menghubungkan antara CCTV dengan monitor dan DVR.

Kemudian Penyebab CCTV bermasalah atau bisa disebut dengan Vloss adalah kondisi dimana layar monitor pada salah satu chanel atau semua channel kamera CCTV berubah menjadi warna biru dan muncul tulisan Vloss pada layar monitor. Adapun berbagai penyebab terjadinya Vloss yaitu dari adaptor atau power supply mati maka secara otomatis CCTV tidak bisa berfungsi dengan baik, Kamera CCTV mati atau rusak maka secara otomatis gambar yang dihasilkan dari DVR ke monitorpun akan mati, DVR mati atau rusak maka sistem tidak bisa berjalan, Kabel CCTV putus yang disebabkan oleh dimakan tikus atau karena hal lain, dan yang terakhir karena port konektor yang rusak.

Dan bagaimana cara mengatasi CCTV yang rusak? berikut ulasannya :
1. Power Supply mati/rusak
Cara mengatasi jika Powerv Supply mati yaitu melakukan pengecekan menggunaan alat yaitu Avometer, bila setelah dilakukan pengecekan power supply tetap mati/rusak maka harus digantin dengan power supply yang baru atau dengan power supply lain yang masih berfungsi.

2. Kamera CCTV mati/rusak
Penyebab Kamera CCTV mati yaitu bisa dikarenakan oleh lamanya pemakaian, tersambar petik, arus pendek listrik, dll. Untuk mengatasinya yaitu memperbaiki kamera tersebut atau jika setelah diperbaiki tetap mati yaitu harus mengganti kamera CCTV yang baru.

3. DVR mati/rusak
Sebenarnya DVR jarang sekali rusak, yang sering menjadikan DVR rusak adalah tersambar petir, selebihnya adalah konslet listrik. Cara mengatasinya adalah melakukan service pada DVR, apabila tidak bisa diperbarui maka perlu mengganti DVR yang baru atau dengan DVR lain yang masih bisa berfungsi.

4. Kabel CCTV putus
Bila kabel CCTV ada yang putus secara otomatis kamera tidak bisa menampilkan gambar pada layar monitor, cara mengatasinya yaitu dengan cara pengecekan kabel dahulu dengan tester, bila dipastikan putus kita perlu mengganti kabel dengan kabel baru.

5. Port Konektor rusak
Kamera biasanya tidak menampilkan gambar di monitor sebagai mana mestinya. Penyebab port konektor rusak bisa terjadi karena lamanya pemakaian atau port konektor sudah kendor. Dan cara mengatasinya dengan cara mengganti port konektor dengan yang baru.

Ahli Pemasangan, Instalasi dan Reparasi CCTV

Kami dari Data MediaTech CCTV menawarkan jasa pemasangan Paket Kamera CCTV untuk rumah, toko, kantor, gedung dll dengan harga terjangkau dan berkualitas. Jangkauan pemasangan kami meliputi area Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Blitar dan sekitarnya. Kami memberikan pelayanan yang ramah dan service yang baik untuk setiap konsumen kita. Percayakan penjualan dan jasa pemasangan CCTV hanya kepada Data MediaTech CCTV.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grosir CCTV Berkualitas di Tulungagung

Toko CCTV Terlaris di Tulungagung

Lapak CCTV di Tulungagung